Siapa nih, yang sanggup nolak kalau diajak wisata kuliner di Semarang? Selain terkenal sebagai kota dengan segudang sejarah dan budaya, Kota Semarang juga memiliki beragam kuliner khas yang patut dicoba. Jangan khawatir, Tiketrip akan kasih bocoran beberapa tempat kuliner favorit di Semarang yang lezat dan tentunya ramah di kantong. Penasaran? Simak ulasannya berikut, ya.

1. Tahu Gimbal Pak H. Edy

Tahu gimbal menjadi menu kuliner wajib saat kamu sedang berkujung di Kota Semarang. Warung tahu gimbal H. Edy ini dapat kamu temukan di sekitar kawasan kuliner Taman Indonesia Kaya, Jl. Menteri Supeno, yang dulunya merupakan bekas Taman KB. Datanglah ketika hari menjelang sore, karena warung ini mulai buka dari sore hingga malam hari. Nah, di dalam sepiring tahu gimbal, kamu dapat menemukan potongan lontong, tahu, gimbal atau rempeyek udang yang digoreng sedikit basah, satu telur ceplok, irisan kubis dan tauge. Kemudian bahan-bahan ini diguyur sambal kacang khas tahu gimbal dan taburan kerupuk udang. Hmmm…penasaran? Tenang saja, harga satu porsinya hanya Rp16.000 saja, kok!

2. Kue Leker Paimo

Salah satu makanan paling legendaris di Kota Semarang adalah Leker Paimo. Pasalnya, warung leker yang terletak di depan SMA Loyola Semarang ini sudah ada sejak tahun 1993, lho. Leker Paimo tak hanya menyediakan varian rasa coklat, keju, dan pisang saja, melainkan juga ada leker telur, jagung, tuna, sosis, hingga campuran keju mozzarella. Tak heran, jika banyak pelanggan yang rela mengantri hingga berjam-jam demi mencicipi kelezatan kue leker ini. Apalagi, harganya sangat ramah di kantong, mulai dari Rp1.000 sampai Rp16.000 saja.

3. Nasi Goreng & Gongso Babat Pak Karmin

Kamu ngaku penggemar nasi goreng? Saatnya kamu cicipin nasi goreng babat legendaris Pak Karmin di Kota Semarang. Warung nasi goreng yang sudah ada sejak tahun 1971 ini bisa kamu temukan di pinggir Jembatan Mberok. Bahkan kini sudah ada cabangnya di Jalan Thamrin, lho. Tersedia menu andalan nasi goreng babat dan nasi babat gongso yang pasti bakal bikin kamu ngiler. Untuk harga, dalam kurun lima tahun terakhir, warung ini tidak pernah menaikkan harganya. Kalian cukup mengeluarkan Rp25.000 untuk nasi goreng babat atau nasi babat gongso, dan Rp10.000 untuk nasi goreng telur. Cukup murah, bukan?

3. Lumpia Gang Lombok

Lumpia adalah makanan tradisional yang telah menjadi ikon kuliner wajib ibu kota Jawa Tengah ini. Makanan ini berupa campuran rebung dan rempah lumpia yang dibalut dengan kulit lumpia yang renyah. Untuk mencicipi kuliner satu ini kamu bisa mengunjungi Loenpia Semarang Gang Lombok no. 11 yang terletak di dekat Kelenteng Tay Kak Sie. Satu buah lumpia bisa kamu dapatkan dengan harga Rp15.000, baik digoreng ataupun yang belum. Cocok banget buat oleh-oleh keluarga atau teman di rumah.

 

Gimana? Jadi laper, kan? Daripada nahan laper, mending ikutan trip Semarang City Tour bareng Tiketrip dan rasakan nikmatnya salah satu kuliner khas Semarang yang akan manjakan lidahmu. Cek media sosial Tiketrip atau kontak kami di sini, ya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *