Sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang ingin menikmati suasana kota di musim liburan. Kota ini menyajikan beragam unsur sejarah serta budaya yang sangat unik untuk ditelusuri. Kali ini, Tiketrip akan berbagi rekomendasi destinasi wisata di Kota Semarang buat kamu yang berencana menghabiskan libur akhir tahun di kota ini. Simak ulasannya berikut, ya.

1. Kota Lama

Destinasi pertama yang paling wajib dikunjungi yaitu Kota Lama. Sesuai namanya, di sini kamu akan menemukan jejeran bangunan-bangunan lama bergaya arsitektur Eropa tahun 1700-an yang masih kokoh berdiri hingga saat ini. Dulunya Kota Lama ini adalah pusat perdagangan dan pemerintahan Kota Semarang di abad 19-20, lho. Kamu bisa mengunjungi kawasan ini setiap hari selama 24 jam penuh tanpa perlu membayar tiket masuk untuk sekadar berjalan-jalan menyusuri suasana de Europeeshe Buurt atau Little Netherland. Asyik, kan?

2. Lawang Sewu

Siapa nih, yang udah pernah melihat bangunan Lawang Sewu di acara mistis televisi? Bangunan kuno peninggalan jaman Belanda ini memang dulunya terkenal angker. Namun, semenjak dilakukan pemugaran. Lawang Sewu menjadi destinasi favorit para pelancong, lho! Bangunan yang dulunya merupakan kantor pusat perusahaan kereta api atau Nederlandsch Spoorweg Naatschappij (NIS) ini memiliki arsitektur yang menarik untuk dijadikan objek foto. Banyaknya lubang pintu yang terdapat di bangunan inilah yang membuatnya dinamakan Lawang Sewu atau “pintu seribu”. Meski demikian, jumlah aslinya hanya terhitung 429 buah, kok.

3. Sam Poo Kong

Beralih ke Semarang bagian Barat, terdapat tempat bersejarah lainnya yang tak kalah menarik, yaitu Kelenteng Gedung Batu Sam Poo Kong. Kelenteng ini dulunya merupakan tempat persinggahan pertama seorang Laksamana Tiongkok ketika mengunjungi Pulau Jawa di tahun 1400-an. Uniknya, Laksamana yang bernama Zeng He adalah seorang muslim, lho. Sehingga, walau Kelenteng Sam Poo Kong kini adalah tempat ibadah umat Tridharma (Taoisme, Buddhisme dan Konfusianisme), namun banyak umat Islam Kejawen yang masih sering datang untuk berziarah. Untuk bisa masuk, kamu cukup mengeluarkan biaya tiket sebesar Rp10.000 saja. Cukup terjangkau, bukan?

4. Kampung Pelangi

Siapa sangka sebuah kawasan perkampungan kumuh bisa disulap menjadi kampung cantik berwarna-warni? Itulah yang terjadi di Kampung Gunung Brintik atau yang kini terkenal dengan nama Kampung Pelangi. Saat menginjakkan kaki di gerbang masuk kampung ini, kamu akan disuguhkan pemandangan rumah-rumah bercat warna-warni yang cantik dan menggemaskan. Saking menariknya, kampung ini sampai diliput oleh media asing, lho. Cocok banget buat kamu yang hobi selfie karena tempat ini sangat Instagram-able.

5. Masjid Agung Jawa Tengah

Semarang memang kaya akan budaya dan toleransi. Selain kelenteng bersejarah, di Semarang kamu juga akan disambut oleh kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah. Bergaya arsitektur campuran Jawa, Romawi, dan Islam, masjid ini tak hanya digunakan untuk tempat ibadah, melainkan juga menarik minat para wisatawan. Pilar-pilar yang mengitari masjid ini didesain menyerupai koloseum Athena di Romawi dengan hiasan kaligrafis yang menyimbolkan 25 Nabi dan Rasul. Benar-benar mengagumkan.

 

Jadi, kapan nih, mau ke Semarang? Biar seru, gabung aja di open trip Semarang City Tour bareng Tiketrip di tanggal 29, 30, 31 Desember 2018 dan 1 Januari 2019. Info lengkapnya langsung hubungi kami lewat sini, ya. Happy holiday!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *