Musim hujan tak lagi jadi halangan untuk wujudkan rencana trip bareng teman atau keluarga. Selagi debit air sungai cukup bagus, kamu bisa manfaatkan akhir pekan ini untuk pacu adrenalin lewat wisata rafting atau arung jeram, lho! Tenang saja, wisata arung jeram ini tak hanya diperuntukkan untuk profesional saja kok, bagi kamu yang pemula juga bisa menikmatinya dengan pengawasan pemandu di bidangnya. Nah, Tiketrip akan kasih 5 rekomendasi sungai terbaik di wilayah Jawa yang bisa kamu kunjungi untuk berwisata rafting bareng teman atau keluarga. Penasaran? Simak ulasannya berikut, ya.

1. Sungai Serayu, Jawa Tengah

 

Sungai Serayu

Melewati kawasan Banjarnegara? Pastikan kamu mampir dan rasakan serunya berarung jeram di Sungai Serayu! Berada di kawasan pedesaan dengan udara yang sejuk, berarung jeram di Sungai Serayu adalah pilihan yang tepat untuk melepas penat. Tingkat kesulitan sungai ini mulai dari grade 2 hingga 5, dengan jarak tempuh mulai dari 7km hingga 24km. Sehingga, kamu bisa memilih untuk mengarungi jalur yang ringan atau paling deras, tentu saja dengan menyesuaikan kemampuan, ya.

2. Sungai Citarik, Jawa Barat

Sungai Citarik

Sungai satu ini memang sudah jadi pilihan favorit bagi para penggemar arung jeram di Jawa Barat. Berlokasi di kawasan di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat, Sungai Citarik memiliki debit air yang cukup banyak dan cukup stabil sepanjang tahun. Maka tak heran, sungai ini tak pernah sepi dari aktivitas rafting. Tingkat kesulitan Sungai Citarik berkisar antara grade 3 sampai 4. Menariknya, selain menawarkan jeram berbatu yang menantang, kamu juga akan menjumpai sejumlah air terjun di beberapa titik sepanjang rute jeram. Bagaimana? Merasa cukup tertantang? Tenang saja, meski demikian, pemula dan yang ahli tetap berkesempatan merasakan petualangan mengarungi sungai ini, kok.

3. Sungai Elo, Jawa Tengah

Sungai Elo

Tak hanya wisata candi, di Magelang kamu juga bisa mencoba wisata arung jeram atau rafting di Sungai Elo. Sungai yang terletak di dekat lokasi Candi Borobudur dan Candi Mendut ini menawarkan wisata rafting dengan tingkat grade 2 sampai 3. Sebagian besar jalurnya didominasi air tenang atau flat, sehingga sangat ramah bagi para pemula. Tapi jangan anggap remeh, karena beberapa titik jeram bisa sangat mengguncang perahu. Berpetualang mengarungi Sungai Elo bersama teman atau keluarga dijamin akan membuat liburanmu di Magelang semakin seru.

4. Sungai Pacet Kromong, Jawa Timur

Sungai Pacet Kromong

Sungai Kromong terkenal dengan kebersihan dan kejernihannya, karena bersumber langsung dari hulu kaki Gunung Welirang. Bagi para pemula yang ingin pacu adrenalin, Sungai Kromong adalah pilihan yang tepat. Hampir 90% lintasan sungai ini dipenuhi jeram, meski tergolong grade 2-3 yang masih cukup aman bagi pemula. Penasaran? Langsung saja mampir ke Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dan rasakan sensasi arung jeram yang tak terlupakan.

5. Sungai Progo Bawah, Jawa Tengah

Sungai Progo Bawah

Panggilan kepada seluruh penggemar wisata arung jeram, nih! Sebab Sungai Progo bawah merupakan lokasi arung jeram dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Dikelilingi pemandangan yang indah, sungai ini terkenal memiliki jeram terbesar yang ada di Jawa Tengah. Kamu dapat mengunjungi Sungai Progo bawah di perbatasan antara Magelang dan Kulonprogo, Yogyakarta. Sungai ini sangat direkomendasikan bagi yang sudah ahli atau profesional, karena medan yang cukup ekstrem dan menantang. Karakter sungai ini dapat dikategorikan masuk dalam grade 4 hingga 5.

 

Sudah tau sungai mana yang cocok diarungi saat liburan akhir pekan nanti? Kalau masih bingung, Tiketrip bisa membantumu memilih destinasi yang tepat untukmu dan rombonganmu. Hubungi kami melalui telepon atau chat WhatsApp di sini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *