Musim hujan adalah waktu yang tepat untuk bersenang-senang dengan wisata rafting atau arung jeram! Curah hujan yang meningkat menyebabkan debit air sungai juga ikut naik, sehingga sangat menantang untuk diarungi. Bagi kamu yang belum pernah melakukan wisata rafting sebelumnya, sebaiknya carilah lokasi rafting yang cenderung lebih aman. Sungai yang tergolong aman bagi pemula pada umumnya masuk dalam kategori kelas 1-3, dari 6 kategori kelas. Supaya pengalaman rafting pertamamu aman dan nyaman, simak beberapa hal penting yang harus disiapkan sebelum berangkat rafting berikut.

1. Jenis Pakaian yang Digunakan

Pakaian nyaman dan tak mudah menyerap air

Menggunakan pakaian yang nyaman adalah syarat utama pada saat rafting. Hindari pakaian dengan jenis bahan yang mudah menyerap air, seperti katun atau jeans. Selain agar tubuhmu tetap ringan dan fleksibel ketika basah, menggunakan pakaian yang mudah menyerap air dapat menurunkan suhu tubuh secara lebih cepat. Hal ini menyebabkan kamu menjadi lebih cepat lelah dan kekurangan stamina.

2. Sepatu atau Sandal?

Sandal outdoor untuk rafting

Sebagian besar lokasi sungai untuk arung jeram membutuhkan sedikit tracking melewati jalan yang terjal dan licin. Demi kenyamanan dan keamanan, sebaiknya gunakan alas kaki jenis sandal outdoor. Apabila tak punya, kamu bisa memakai sepatu atau sepatu sandal dengan alas yang kasar. Hindari penggunaan sandal japit, karena rawan lepas pada saat aktivitas rafting.

3. Bolehkah Memakai Kacamata?

Jeram mudah menghanyutkan barang

Selain sandal japit, barang yang sebaiknya tidak digunakan pada saat rafting yaitu kacamata yang biasa kamu gunakan. Derasnya jeram dapat membuat kacamatamu mudah lepas dan hanyut. Apabila tak nyaman dengan kurangnya penglihatan tanpa kacamata, kamu bisa memakai lensa kontak. Nah, jika kamu ingin memakai polarised sunglasses akibat sinar matahari yang terik, pilihlah lensa yang terbuat dari bahan plastik dilengkapi tali pengikat, ya.

4. Jaga Kesehatan Tubuh

Stamina tubuh fit sebelum rafting

Beberapa orang mudah jatuh sakit ketika musim hujan datang. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan hujan dapat turun kapan saja tanpa diperkirakan sebelumnya. Jika kamu sudah merencanakan untuk melakukan aktivitas rafting di akhir pekan, pastikan kamu menjaga kondisi badan selalu fit hingga hari-H. Hal ini penting karena arung jeram tergolong sebagai olahraga ekstrem yang membutuhkan stamina dan kondisi tubuh yang fit.

5. Memastikan Pemandu Rafting

Rafting dengan pengawasan profesional

Banyaknya penyedia jasa wisata rafting membuatmu harus cermat dalam memilih. Sebagai pemula, kamu harus memastikan bahwa petualanganmu mengarungi jeram dipandu oleh pihak yang profesional di bidangnya. Cari tahu informasi mengenai penyedia jasa rafting yang akan kamu pilih melalui official website, review pemakai jasa, atau rekomendasi teman.

Jika kelima poin di atas sudah dipahami, maka kamu sudah siap untuk berpetualang mengarungi jeram akhir pekan ini. Masih belum yakin dengan penyedia jasa rafting pilihanmu? Intip profil Tiketrip Organizer dulu aja yuk, atau hubungi kami melalui telepon atau chat WA di sini. Tersedia paket rafting menarik dengan pemandu yang profesional. Happy rafting!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *