Traveling bukan hanya seputar bersenang-senang dan foto-foto saja, lho. Seiring meningkatnya aktivitas pariwisata, menjadi seorang eco-traveller adalah hal yang sangat dianjurkan. Apa itu eco-traveller? Eco-traveller adalah seseorang yang menghargai lingkungan dan menghormati kearifan lokal pada saat melakukan sebuah perjalanan atau berwisata. Menjadi seorang eco-traveller sama dengan mendukung sepenuhnya pariwisata yang berkelanjutan atau responsible tourism. Nah, ingin tahu apakah kamu termasuk sebagai salah satu eco-traveller? Simak ciri-ciri yang dimiliki seorang eco-traveller berikut ini, ya.

1. Membeli Produk Lokal

Traveling tak akan lengkap tanpa membawa pulang cinderamata atau oleh-oleh. Nah, seorang eco-traveller akan membawa pulang produk asli hasil produksi warga setempat. Sebab pada umumnya, produk lokal memiliki kualitas yang lebih bagus. Di sisi lain, membeli produk lokal sama halnya turut membantu meningkatkan penghasilan masyarakat setempat agar sejahtera dan terus berkembang.

2. Menggunakan Transportasi Publik

Menggunakan trabsportasi publik

Transportasi publik dapat diartikan sebagai bus, kereta, sepeda, transportasi tradisional lokal, hingga berjalan kaki. Selain agar mengurangi polusi udara, seorang eco-traveller akan menggunakan transportasi publik supaya tidak menyumbang kemacetan, terlebih pada saat libur panjang. Bisa bayangin kan, gimana macetnya jalanan saat libur panjang kalau semua orang berwisata menggunakan kendaraan pribadi masing-masing?

3. Memilih Akomodasi Ramah Lingkungan

Memilih guest house warga lokal

Meskipun dampaknya tidak terlihat besar, namun memilih akomodasi yang berbasis ramah lingkungan akan berpengaruh dalam jangka panjang. Biasanya, akomodasi ramah lingkungan ini bisa ditemukan pada penginapan yang disediakan oleh warga lokal. Dengan mengangkat konsep guest house, penginapan yang disediakan warga lokal ini biasanya terbatas, sehingga seorang eco-traveller akan mencari tahu dan memesannya jauh-jauh hari.

4. Mempelajari Nilai-Nilai Kearifan Lokal

Belajar dari warga lokal

Berinteraksi dengan warga lokal adalah karakteristik utama seorang eco-traveller. Baginya, menyatu bersama kehidupan warga setempat dan mempelajari nilai-nilai kearifan lokalnya merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Bahkan hal inilah yang justru dianggap sebagai oleh-oleh utama bagi seorang eco-traveller dibandingkan sebuah cinderamata.

5. Memilih Penyedia Jasa Wisata Profesional

Pilih penyedia jasa wisata profesional

Banyaknya penyedia jasa wisata mengharuskanmu untuk pintar memilih dan memilah yang tepat. Seorang eco-traveller akan memilih penyedia jasa wisata yang menyediakan paket wisata dengan menggandeng peran warga lokal. Ia akan mempelajari latar belakang penyedia jasa wisata dan deskripsi paket wisata yang ditawarkan melalui website resmi atau review yang ada dengan detil dan penuh seksama.

Nah, apakah kamu melakukan hal-hal di atas pada saat traveling? Jika iya, selamat! Kamu telah turut berupaya agar dunia pariwisata terus berkembang dan dinikmati oleh generasi penerus kita. Yuk, cari tahu paket wisata yang biasanya disukai oleh seorang eco-traveller di sini. Kamu juga bisa cek penyedia jasa wisata yang menggandeng peran warga lokal di sini. Jangan ragu untuk tanya-tanya mengenai berwisata yang berkelanjutan dengan kami lewat ini, ya. Salam eco-traveller!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *