Lari, badminton, hingga berenang adalah beberapa jenis olahraga yang sudah umum dan hampir semuanya pernah kita lakukan. Akan tetapi, apakah kamu sudah pernah mencoba olahraga panahan? Jenis olahraga yang sering dianggap sebagai olahraga statis ini rupanya memerlukan kekuatan, ketahanan, dan fokus yang tidak sembarangan saat melakukannya, lho. Maka tidak heran jika olahraga panahan mempunyai beberapa manfaat yang baik bagi tubuh kita, terutama terhadap anak-anak. Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk mencoba olahraga ini, simak beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan berikut, ya.

1. Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Untuk melakukan olahraga panahan, keterampilan mata dan tanganmu merupakan kunci utama. Olahraga ini akan melatih tanganmu untuk bekerja sama melakukan tugas yang berbeda, seperti saat membidik dan melepaskan panah sesuai dengan pengamatan mata.  Semakin sering kamu melakukan olahraga panahan, akan semakin baik koordinasi antar mata dan tanganmu.

2. Melatih Daya Fokus

Sering merasa salah fokus atau susah fokus? Nampaknya kamu harus mencoba olahraga panahan. Dalam olahraga ini, kamu akan selalu mencoba agar dapat membidik sesuai target yang disediakan. Jika terus rutin melakukannya, semakin lama kamu akan memiliki daya fokus yang semakin baik. Itulah mengapa olahraga ini sangat direkomendasikan untuk dikenalkan pada anak sejak dini. Anak yang terbiasa dengan olahraga panahan akan memiliki konsentrasi dan daya fokus yang baik, yang berpengaruh baik pada perilaku dan kebiasaannya.

3. Memperkuat Otot Tangan dan Mata

Berkonsentrasi penuh pada target saat membidik sasaran mampu melatih otot-otot mata, lho. Terlebih, target yang biasanya terletak di jarak yang cukup jauh, akan membuat pandangan pembidik menjadi lebih tajam. Apabila olahraga panahan ini dilakukan secara rutin, kamu akan terhindar dari rabun jauh dan dekat. Di sisi lain, aktivitas menarik dan melepas busur yang rupanya mirip dengan mengangkat beban, dapat memperkuat otot tubuh bagian atas, terutama pada kedua tangan, dada, bahu, dan punggung.

4. Melatih Kesabaran

Membidik sasaran biasanya dilakukan dengan penuh hati-hati tanpa tergesa-gesa. Hal inilah yang secara tidak langsung mempengaruhi psikologis pembidik sehingga terbiasa menjadi lebih sabar. Sebab bidikan yang dilakukan dengan terburu-buru biasanya kurang optimal dalam meraih target.

Ternyata banyak manfaat yang bisa diperoleh dari membiasakan olahraga panahan, ya. Nah, bagi kamu yang penasaran ingin mencoba olahraga ini, kamu bisa berlatih langsung dengan para ahlinya di Desa Sangurejo, Sleman, Jogja, lho. Di sini, kamu bisa mencoba berlatih panahan di tengah suasana desa yang asri dan tenang. Cek informasi paket wisata panahan bersama Tiketrip di sini ya, dan silakan kontak kami lewat sini untuk lakukan reservasi. Keep happy and healthy, guys!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *