Libur Tahun Baru Imlek 2570 kali ini jatuh di hari Selasa, 5 Februari 2019. Bagi Anda yang belum merencanakan destinasi liburan di tahun “Babi Tanah” ini, Kota Semarang bisa menjadi pilihan yang tepat. Ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini selalu menghadirkan perayaan Tahun Baru Imlek yang sangat meriah dengan berbagai pertunjukan budaya, tradisi, serta festival kuliner setiap tahunnya. Di samping itu, Semarang menyajikan beragam destinasi wisata kota yang tak kalah menarik. Penasaran? Simak panduan wisata Imlek di Kota Semarang berikut, ya.

1. Menjelajah Lawang Sewu

Siapa tak mengenal bangunan kuno yang masih berdiri tegak di pusat Kota Semarang ini? Lawang Sewu telah menjadi salah satu dari beberapa destinasi favorit yang wajib dikunjungi di Kota Semarang. Siapa sangka jika bangunan bersejarah peninggalan jaman Belanda ini dulunya merupakan kantor pusat perusahaan kereta api, lho. Uniknya lagi, jumlah pintu yang ada di Lawang Sewu ternyata tidak berjumlah seribu seperti namanya Lawang Sewu atau “pintu seribu”. Ada yang tahu nggak nih, berapa jumlah aslinya?

2. Menyaksikan Perayaan Imlek di Sam Poo Kong

Pengelola Kelenteng Gedung Batu Sam Poo Kong selalu menggelar berbagai pertunjukkan meriah, khususnya pada saat Tahun Baru Imlek. Dekorasi yang meriah bertemakan Imlek, bazaar, serta pertunjukan barongsai yang digelar membuat kelenteng bersejarah ini sangat menarik untuk dikunjungi.

3. Mencicipi Tahu Gimbal Khas Semarang

Pecinta kuliner pasti sudah nggak sabar untuk mencicipi tahu gimbal khas Semarang. Terdapat beberapa rekomendasi warung tahu gimbal yang terkenal akan kelezatannya, yaitu warung tahu gimbal H. Edy di kawasan kuliner Taman Indonesia Kaya dan tahu gimbal Bang Toyib di kawasan Jl. Suratmo. Apa saja yang ada dalam sepiring tahu gimbal? Terdapat potongan lontong, tahu, gimba atau rempeyek udang yang digoreng sedikit basah, telur ceplok, irisan kubis dan taoge, sambal kacang khas tahu gimbal dan kerupuk udang. Siapa yang udah lapar?

4. Berkunjung ke Pagoda Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong adalah salah satu tempat ibadah agama Buddha di Semarang yang memiliki bangunan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda yang juga bernilai artistik tinggi ini bernama Pagoda Avalokitesvara. Di dalamnya bisa ditemukan patung Dewi Kwan Im setinggi lima meter.

5. Bersepeda di Kota Lama

Sesampainya di Kota Lama, Anda akan menemukan jejeran bangunan-bangunan lama bergaya arsitektur Eropa tahun 1700-an yang masih berdiri kokoh. Menjelajahi kawasan Kota Lama akan lebih asyik dengan bersepeda. Ingin mencoba?

6. Menyusuri Kampung Pecinan Semawis

Belum puas menikmati arsitektur Kelenteng Sam Poo Kong? Di Kampung Pecinan, Anda akan menemukan lebih banyak klenteng yang tak kalah menarik, salah satunya Kelenteng Tay Kak Sie. Kampung ini telah menjadi salah satu pusat wisata budaya di Kota Semarang. Menariknya, setiap hari Jumat hingga Minggu pukul 18.00-23.00 WIB diadakan pasar kuliner yang dikenal sebagai Waroeng Semawis.

7. Mampir ke Lunpia Gang Lombok

 

Belum ke Semarang namanya kalau belum mencicipi salah satu kuliner favorit khas Semarang, yakni lumpia. Salah satu yang terkenal dapat Anda temui di kawasan pecinan tepatnya di Gang Lombok No. 11. Sudah kebayang kan, lezatnya rempah dalam rebung dan renyahnya kulit lumpia di lidah?

8. Membawa Pulang Oleh-Oleh Bandeng Presto

Mencari oleh-oleh khas Semarang yang bisa dibawa pulang? Bandeng presto sudah jadi jawabannya. Anda dapat memilih jenis kemasan vacum agar bandeng dapat bertahan seminggu di luar lemari pendingin atau sebulan di dalam lemari pendingin.

Ingin mendatangi seluruh destinasi di atas namun hanya punya satu hari di Kota Semarang? Tenang saja, Tiketrip telah membuka paket Semarang City Tour Special Imlek pada 5 Februari 2019 besok. Langsung saja hubungi 087839633688 atau klik di sini untuk reservasi dan informasi lebih lengkap. Sampai bertemu di Semarang!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *