Memasuki pertengahan musim hujan, banyak hal yang menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk bepergian. Misalnya, curah hujan yang semakin tinggi seringkali diikuti angin kencang dan suhu yang dingin. Tak jarang pula, hujan yang lebat mengakibatkan bencana banjir yang tidak bisa dihindari.

Meski demikian, bukan berarti kamu harus membatalkan rencana traveling di akhir tahun ini bersama teman atau keluargamu. Persiapan dan perencanaan yang tepat dapat membuat traveling-mu tetap seru dan mengesankan meski cuaca kurang mendukung. Tiketrip telah merangkum tiga poin penting yang bisa kamu persiapkan sebelum traveling di akhir tahun ini, nih. Yuk, simak ulasannya berikut.

1. Cek Prakiraan Cuaca

Sebelum menentukan jadwal keberangkatan traveling-mu, sebaiknya cek website resmi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) atau website prakiraan cuaca lainnya. Dengan mengetahui prakiraan cuaca lokasi yang akan kamu kunjungi, kamu bisa memilih hari keberangkatan yang paling sesuai. Di sisi lain, kamu juga bisa menentukan destinasi yang dirasa akan lebih sesuai. Sayangnya, informasi prakiraan cuaca umumnya maksimal berkisar hanya tujuh hari ke depan. Sehingga, jika kamu sudah menentukan tanggal dan lokasi traveling jauh-jauh hari, sebaiknya maksimalkan persiapan perlengkapanmu sebelum keberangkatan, ya.

2. Gunakan Pakaian dan Alas Kaki yang Sesuai

Traveling di musim hujan membutuhkan perhatian ekstra perihal pakaian yang akan kamu gunakan. Sebaiknya gunakan pakaian yang hangat atau jaket tebal, mengingat suhu lingkungan akan cenderung menurun dari biasanya. Jika punya, pakailah jaket dengan bahan anti air, supaya kamu tidak perlu mengeluarkan perlengkapan tambahan pada saat gerimis. Kemudian pilihlah bahan bawahan yang ringan dan mudah kering pada saat basah, serta gunakanlah sepatu dengan bahan karet atau sandal outdoor. Hal ini berguna untuk mengantisipasi banjir atau banyaknya genangan air di jalan akibat hujan deras.

3. Bawa Payung atau Jas Hujan

Sumber: pinterest

Ini dia dua barang penting yang wajib kamu bawa saat akan traveling di musim hujan. Kamu dapat membawa payung dan jas hujan sekaligus atau memilih salah satu sesuai jenis dan karakter traveling-mu. Misalnya, untuk wisata alam terbuka, jas hujan akan berfungsi lebih nyaman dan aman dibandingkan payung. Sedangkan untuk wisata kota, payung akan lebih nyaman digunakan dibandingkan jas hujan. Bawalah payung lipat yang cenderung ringan supaya mudah di-packing di dalam tas.

4. Simpan Uang dan Alat Elektronik di Tempat Kedap Air

Water Resistant Handphone Pouch and LED Mini Torchlight

Sumber: pinterest

Uang dan handphone bisa dikatakan dua keperluan penting di setiap agenda traveling. Simpanlah uang, handphone dan alat elektronik lainnya, seperti kamera hingga kabel charger di tempat yang kedap air, supaya tidak rusak apabila terkena air hujan. Untuk perlindungan ganda, sebaiknya lapisi tasmu dengan rain cover, ya.

Nah, kini kamu tak perlu khawatir lagi jika empat poin penting di atas sudah kamu persiapkan dengan matang. Jadi, ke mana destinasi liburan akhir tahunmu kali ini? Cek referensi paket wisata Tiketrip yang tak kalah seru untuk liburan akhir tahunmu di sini, ya. Happy holiday!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *